Alamat
Jl. Cendekia No.22 Ngampel, Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur 62181

Telepon
(0353) 3410001

Email
webcendekia22@gmail.com

Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal untuk UMKM oleh STIE Cendekia Bojonegoro dan Satgas Halal Bojonegoro

Bojonegoro, 13 Oktober 2023 – Mengenai pentingnya sertifikasi halal bagi produk-produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Cendekia Bojonegoro bekerjasama dengan Satuan Tugas (Satgas) Halal Kementrian Agama Kabupaten Bojonegoro mengadakan acara sosialisasi dan pendampingan sertifikasi halal. Acara ini dihadiri oleh nara sumber dari Satgas Halal Bojonegoro yaitu Bu Samhati Hasan, serta pemberian sambutan oleh Ketua STIE Cendekia Bojonegoro, Ibu Nurul Mazidah SE, MSA, Ak.

Dalam sambutannya, Ibu Nurul Mazidah menyatakan bahwa “sertifikasi halal adalah suatu kebutuhan yang sangat mendasar dalam dunia bisnis saat ini, terutama bagi UMKM yang ingin menjangkau lebih luas konsumen muslim di Indonesia.” Ibu Nurul juga menambahkan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari komitmen STIE Cendekia Bojonegoro dalam mendukung pengembangan UMKM di Bojonegoro.

Bapak Yasmani S.Pd, M.Pdi, selaku Ketua Satgas Halal Bojonegoro, menegaskan pentingnya sertifikasi halal dalam memperkuat citra dan kualitas produk UMKM. “Kami dari Satgas Halal Bojonegoro sangat mendukung inisiatif ini dan berkomitmen untuk memfasilitasi proses sertifikasi halal bagi UMKM di Bojonegoro,” ucapnya.

 

Bu Samhati Hasan, sebagai nara sumber dari Satgas Halal, memaparkan secara detail langkah-langkah yang harus diambil oleh UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal, termasuk persyaratan administrasi dan teknis. “UMKM harus memahami bahwa proses sertifikasi halal tidak hanya melibatkan aspek keagamaan, tetapi juga aspek kualitas dan keamanan produk,” tutur Bu Samhati.

Setelah paparan dari nara sumber, acara diisi dengan sesi tanya jawab yang mengaktifkan partisipasi para UMKM yang hadir. Berbagai pertanyaan terkait prosedur dan hambatan dalam proses sertifikasi dijelaskan secara komprehensif oleh nara sumber.

Kegiatan ini diharapkan dapat membuka wawasan dan memfasilitasi UMKM di Bojonegoro untuk segera memperoleh sertifikasi halal, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka chat
Butuh bantuan?
Ada yang dapat kami bantu?